Search
  • Admin Qualitiva

Tetap Tenang, inilah 5 Cara untuk Mengembalikan Kontak WhatsApp yang Hilang

Pernah mengalami kehilangan kontak WhatsApp? Hal itu tentu membuat panik, terutama jika kontak yang hilang adalah orang penting yang sedang ingin dihubungi. Tidak perlu khawatir berlebihan, karena ada cara cepat nan mudah untuk mengembalikan kontak-kontak yang hilang tersebut. Simak langsung caranya di bawah ini.



1. Bersihkan cache aplikasi WhatsApp-mu

Langkah ini bisa Anda lakukan jika kontak di WhatsApp tiba-tiba hilang tanpa jejak. Caranya, masuk ke Settings lalu Application, kemudian pilih WhatsApp. Setelah muncul tampilan Apps Info, langsung pilih menu Force Stop kemudian pilih menu Clear Cache.


Jika sudah, coba restart smartphone Anda lalu buka kembali aplikasi WhatsApp. Mestinya beberapa kontak yang hilang bakal kembali lagi ke WhatsApp secara otomatis.


2. Aktifkan menu Permission

Jika suatu saat nomor kontak di WhatsApp Anda tiba-tiba hilang semua, maka kemungkinan menu Permission di smartphone Anda belum aktif. Hal ini bisa menyebabkan kontak di smartphone dan WhatsApp tidak sinkron otomatis dan bisa menyebabkan hilangnya kontak ketika Anda me-restart smartphone.


Untuk mencegah hal tersebut, maka Anda wajib mengaktifkan menu Permission di smartphone. Caranya, masuk ke menu Settings lalu Application dan pilih menu WhatsApp kemudian menu Permission. Setelah itu, aktifkan menu Permission di WhatsApp agar sistem bisa membaca kontak dan mengurangi kemungkinan nomor kontak hilang secara tiba-tiba.



3. Tampilkan semua kontak dari pengaturan WhatsApp

Kemungkinan lain dari penyebab nomor kontak di WhatsApp menghilang adalah gara-gara pengaturan kontak WhatsApp belum aktif. Sebaiknya aktifkan pengaturan ini di menu Settings lalu Contact dan cek list opsi Display All Contact.



4. Aktifkan kontak di akun Gmail

WhatsApp itu kontaknya memang terintegrasi dengan akun Google. Nah, kalau di smartphone-Anda akun Gmail-nya terlalu banyak maka kontak yang harusnya tersimpan di Gmail tidak ditampilkan di Phone Book dan otomatis kontaknya tidak muncul di WhatsApp.


Untuk mengatasinya, pilih Settings di aplikasi kontak smartphone Anda. Lalu cari menu Contact to display, dan cek list akun Gmail tempat Anda menyimpan kontak. Setelah itu, jangan lupa Refresh Contact pada aplikasi WhatsApp dan secara otomatis kontak yang hilang alias gak terdeteksi akan dimunculkan.



5. Masih gagal? Coba hapus dan instal ulang WhatsApp

Ini sih cara paling akhir, terutama kalau Anda sudah mencoba 4 cara diatas namun masih gagal mengembalikan nomor kontak yang hilang tersebut. Perlu Anda ingat, saat menginstal ulang, Anda harus mendownload aplikasi whatsapp tersebut hanya melalui Google Play Store.


Semoga salah satu cara diatas bisa membantu mengembalikan nomor kontak yang hilang di smartphone Anda. Selamat mencoba!



Sekolah Anda sedang mencari aplikasi sekolah online & ujian online? Daftarkan sekolah Anda sekarang melalui link dibawah ini, dan nikmati akses akun sekolah premium selama 30 hari

KLIK https://qtva.id/page/register/new


4 views
LINKS

Lebih mudah untuk berbagi materi pelajaran, ujian daring, & mendapatkan rekapitulasi nilai otomatis. 

ADDRESS

info@qualitiva.id

0811 7887 766

Jl. Jenderal Sudirman 3007

KM 3.5 - Palembang

Sumatera Selatan

DOWNLOAD SEKARANG

Download Aplikasi Qualitiva di PlayStore. Pantau kinerja sekolah Anda dengan mudah dari gadget.

© 2020 by PT. Cakrawala Lintas Nusa

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram