Search
  • Admin Qualitiva

Smartphone Anda lemot? Baca solusinya disini


Seiring bertambah usia smartphone, performanya pun bakal berangsur menurun. Di saat bersamaan, Anda mungkin belum punya anggaran untuk mengganti ke model yang lebih baru. Untuk itu, ada baiknya mengetahui penyebab smartphone melambat dan bagaimana cara mencegahnya. Berikut ini adalah 5 perkara umum yang mengkin menjadi biang keladi di balik smartphone yang berubah menjadi lemot beserta solusinya.


Terlalu Banyak Aplikasi yang dijalankan

Terlalu banyak menjalankan aplikasi sekaligus dapat menyebabkan HP Anda menjadi lemot. Kebiasaan ini membuat HP harus bekerja lebih keras sehingga tidak heran jika performanya akan menurun. Untuk mengatasi hal ini, tutup aplikasi-aplikasi yang sedang tidak Anda gunakan.

Memori dan RAM hampir penuh

Penyebab HP lemot juga dapat disebabkan oleh memori internal dan RAM yang hampir penuh. RAM yang penuh dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya malware yang terbawa saat Anda meng-install aplikasi. Bahkan dalam beberapa kasus, malware tidak akan ikut terhapus saat Anda menghapus aplikasinya. Pada beberapa HP, terdapat aplikasi pembersih yang bisa Anda gunakan untuk menghapus sisa-sisa malware ini. Lakukan secara berkala untuk mengoptimalisasikan performa HP Anda.


Tidak memiliki memori eksternal

HP lemot juga dapat disebabkan karena di HP tersebut tidak terdapat memori eksternal. Hal ini menyebabkan setiap penyimpanan akan ditujukan ke satu tempat saja yakni memori internal. Jika Anda membagi tempat penyimpanan HP Anda di dua memori yang berbeda, performa HP lemot niscaya dapat teratasi.

Data Cache yang Menumpuk

Data cache dapat menghabiskan cukup banyak ruang penyimpanan. Jika dibiarkan menumpuk, data ini akan semakin membuat HP lemot. Bersihkan data cache secara berkala karena data ini akan selalu bertambah seiring penggunaan aplikasi di HP Anda. Bagi pengguna Android, Anda dapat membersihkan data cache ini di menu Settings.

Menggunakan Wallpaper Animasi dan Widget secara Berlebihan

Menggunakan wallpaper dan widget yang canggih memang dapat membuat tampilan HP menjadi lebih menarik. Namun, penggunaannya membutuhkan CPU, grafik, dan tentunya memori HP Anda. Jika ingin meningkatkan performa HP Anda, sederhanakan tampilan layarnya. Cara ini juga bahkan dapat memperpanjang masa pakai daya HP Anda.


Hp yang lemot tentu saja mengganggu kegiatan belajar daring di masa pandemi saat ini. Selain itu, aplikasi yang digunakan juga harus bisa mengakomodasi kebutuhan sekolah. Qualitiva kini dilengkapi dengan fitur absensi, kirim tugas dan ujian online tentu saja menjadi solusi untuk sekolah kekinian.

Sekolah Anda sedang mencari aplikasi sekolah online & ujian online? Daftarkan sekolah Anda sekarang melalui link dibawah ini, dan nikmati akses akun sekolah premium selama 30 hari

KLIK https://qtva.id/page/register/new


27 views
LINKS

Lebih mudah untuk berbagi materi pelajaran, ujian daring, & mendapatkan rekapitulasi nilai otomatis. 

ADDRESS

info@qualitiva.id

0811 7887 766

Jl. Jenderal Sudirman 3007

KM 3.5 - Palembang

Sumatera Selatan

DOWNLOAD SEKARANG

Download Aplikasi Qualitiva di PlayStore. Pantau kinerja sekolah Anda dengan mudah dari gadget.

© 2020 by PT. Cakrawala Lintas Nusa

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram