Search
  • Admin Qualitiva

Sejarah Perayaan Imlek di Indonesia & Makna Shio Kerbau pada tahun 2021

Updated: Feb 18


Tradisi Imlek disebut sebagai sebuah momen yang menyatukan kerabat dan sanak famili. Tradisi Imlek ini hampir sama dengan tradisi Lebaran di Indonesia, yang mana para perantauan kembali lagi ke kampung halamannya untuk bertemu sanak-famili mereka.


Sebelum perayaan dimulai, orang-orang membersihkan rumah mereka secara mendalam.

Orang-orang berkumpul untuk merayakan dengan makanan dan pesta. Parade dan pertunjukan biasanya juga diadakan, termasuk naga barongsai, orang-orang dengan kostum tradisional, dan ledakan kembang api yang dianggap bisa mengusir roh jahat. Selain itu, Orang Tionghoa juga akan mendekorasi rumah dengan lentera dan dekorasi berwarna merah.


Sejarah Imlek di Indonesia

Jika dilihat dari tinjauan sejarah, tidak ada catatan pasti kapan keturunan etnis Tionghoa mulai merayakan tradisi Imlek di Indonesia. Pakar sejarah menduga munculnya tradisi ini di tanah air terjadi di abad 17 dan 18 seiring dengan tumbuhnya pemukiman-pemukiman kecil Tionghoa.


Namun yang pasti, masuknya Imlek dalam kalender nasional sebagai salah satu hari besar yang diperingati oleh etnis Tionghoa di Indonesia, tidak terlepas dari peran Gus Dur. Setelah sempat dilarang untuk diperingati selama kekuasaan Soeharto lewat Instruksi Presiden Nomor 14 Tahun 1967, Gus Dur mencabut Inpres tersebut, sesaat setelah dia memimpin.


Sejak dicabutnya Inpres tersebut pada tahun 2000, masyarakat keturunan Tionghoa di Indonesia dapat kembali merayakan tahun baru Imlek.

sumber infografis: alinea.id


Imlek Tahun 2021 & Makna Shio Kerbau

Pada tahun 2021, hari libur nasional China akan jatuh pada 11-17 Februari, perayaan akan dimulai pada 12 Februari dan berakhir pada 22 Februari. Pada tahun-tahun sebelumnya, perayaan akan terjadi di jalan-jalan tetapi hal ini mungkin tidak akan terjadi tahun ini karena virus corona.


Selain itu, Imlek pada Februari 2021 ini juga menandai dimulainya tahun Kerbau, tahun Tikus (2020) akan segera berakhir. Apa yang diwakili oleh tahun Kerbau? Kerbau memiliki ciri-ciri kekuatan, keandalan, keadilan dan ketelitian, serta kepercayaan yang menginspirasi pada orang lain.

Ini berarti mereka yang lahir di tahun Kerbau - 2021 serta 1961, 1973, 1985, 1997, 2009 juga memiliki ciri-ciri ini - menurut legenda Qin. Mereka juga dianggap tenang, sabar, metodis dan dapat dipercaya.

Beberapa tokoh terkenal dengan shio Kerbau adalah: mantan Presiden AS Barack Obama, Putri Diana, George Clooney, Meryl Streep dan Jungkook BTS.

Meskipun juga sangat keras kepala, berkemauan keras. Angka keberuntungan untuk orang yang lahir di tahun Kerbau termasuk satu, empat dan warna keberuntungan termasuk putih, hijau dan kuning.


Contoh Ucapan Imlek & Artinya

Ucapan selamat Tahun Baru Cina atau selamat Imlek 2021 bisa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Mandarin. Pada intinya, Tahun Baru Imlek lekat dengan harapan atas keberuntungan, kekayaan, dan kemakmuran yang berlimpah. Ucapan Imlek biasanya mengandung unsur-unsur tersebut.


1. Xin Nian Kuai Le, Wan Shi Ru Yi


Xin nian kuai le, wan shi ru yi berarti "Selamat Tahun Baru, dan semoga semuanya berjalan sesuai keinginan Anda!" Ini adalah salah satu ucapan Tahun Baru Imlek yang paling umum dan bisa diungkapkan kepada siapa saja, tua dan muda, baik kepada kerabat dekat maupun kenalan jauh.


2. Gong Xi Fa Cai


Ucapan Imlek paling umum lainnya yang mungkin sering Anda dengar adalah gong xi fa cai, yang sebenarnya bukan berarti "selamat tahun baru". Gong xi fa cai berarti "semoga Anda makmur dan beruntung."


Jika Anda menerima ucapan ini, Anda didoakan untuk selalu mendapatkan penghasilan dan agar keuangan Anda lancar.. Di seluruh Cina, ini adalah salah satu ucapan Imlek yang paling banyak didengar.


3. Chun Jie Kuai Le


Imlek sering disebut juga sebagai Festival Musim Semi, karena tiba menjelang musim semi, sehingga ucapan lain untuk Imlek adalah chun jie kuai le atau "Selamat Festival Musim Semi!" Ini mengungkapkan harapan bahwa musim liburan akan menjadi musim yang menyenangkan.


4. Xin Xiang Shi Cheng


Ucapan Imlek ini diterjemahkan sebagai "semoga keinginan Anda menjadi kenyataan." Anda mendoakan agar orang-orang yang Anda kasihi mendapatkan keinginannya tahun ini.


5. Nian Nian You Yu


Kalimat tersebut berarti harapan untuk adanya "surplus tahun demi tahun." Setiap tahun, ada harapan surplus yang tersisa untuk tahun depan - baik makanan, kebahagiaan, atau peluang. Ucapan ini mengungkapkan keinginan akan kelimpahan (hal-hal yang baik).


6. Yi Fan Feng Shun


Ucapan Imlek ini berarti "pelayaran lancar", yang bisa diartikan sebagai kelancaran dalam mengarungi pasang surut kehidupan. Di Tahun Baru Imlek, semoga perjalanan hidup Anda berjalan mulus untuk setahun ke depan.


Meski tidak ada perayaan imlek meriah karena Pandemi Corona, keluarga masih bisa merayakannya dengan makan malam tradisional di rumah mereka, dengan menu seperti ikan dan pangsit pada malam tahun baru untuk mendorong kemakmuran dan mie kuah pada hari tahun baru.

Sekolah Anda sedang mencari aplikasi sekolah online & ujian online? Daftarkan sekolah Anda sekarang melalui link dibawah ini, dan nikmati akses akun sekolah premium selama 30 hari

KLIK https://qtva.id/page/register/new


54 views0 comments