Search
  • Admin Qualitiva

Rupa-Rupa Fobia, Apakah Anda termasuk salah satunya?

Fobia adalah sebuah rasa ketakutan yang berlebihan terhadap objek atau situasi. Perbedaan mendasar antara ketakutan biasa dengan fobia adalah reaksi orang tersebut. Apakah bisa mengatasi rasa takutnya ,atau malah histeris.

Rupa-rupa fobia yang harus kamu tahu


1. Haphepobia

Adalah rasa takut dan kecemasan yang teramat sangat mengganggu kehidupan seseorang yang memilikinya disebabkan karena sentuhan. Penderita biasanya akan terlihat cemas,dan tidak nyaman,berkeringat bahkan panik hebat jika disentuh orang lain .Hal itu terjadi karena sentuhan dianggap memasaki atau melanggar ruang privasi miliknya.

Penderita phobia ini kemungkinan mengalami kejadian yang membuatnya trauma seperti pada korban pelecehan,kekerasan fisik di masa lalu sehingga dirinya memiliki respon negatif ketika mengalami sentuhan.


2. Hypnophobia

Adalah untuk takut untuk tidur. Ini adalah salah satu fobia yang paling spesifik, sensitif dan sulit dipahami. Kasus ini sangat jarang, tapi sangat mempengaruhi kesehatan fisik

dan psikologis penderitanya.


3. Philophobia

Adalah sebutan bagi seseorang yang memiliki rasa takut berlebihan pada segala sesuatu yang berhubungan dengan cinta. Apalagi kalau bukan mencintai dan dicintai. Philophobia cenderung akan melakukan hal apa pun untuk menghindari dirinya terlibat dari segala sesuatu yang berhubungan dengan cinta. Jadi, tidak perlu merasa aneh jika mereka yangmengidap phobia cinta ini lebih tertutup dan menjaga jarak pada orang-orang di sekelilingnya.


4. Ablutophobia

Adalah ketakutan yang terus-menerus dan tak bisa dikendalikan terhadap aktivitas mandi, mencuci muka, atau membersihkan tubuh. Fobia ini spesifik situasional. Ablutophobia sering terjadi pada anak kecil dan wanita. Hanya saja, ketakutan ini biasanya perlahan menghilang pada anak kecil begitu mereka belajar bahwa mandi bukanlah suatu hal yang harus ditakuti.


5. Testophobia

Adalah ketakutan yang terjadi secara terus-menerus pada bentuk-bentuk ujian atau evaluasi. Contohnya adalah para pelajar yang sering cemas berlebihan, bahkan sampai takut masuk ruang kelas yang udah disusun berjarak.

Merupakan fobia dengan jenis situasional yang berkaitan dengan pengalaman negatif. Contohnya itu seperti pengalaman yang buruk, traumatik, ekspektasi yang tidak kunjung terealisasi, atau tuntutan yang berlebih.


Tidak hanya gejala fisik, saat seseorang mengalami testophobia, ia juga akan mengalami gejala mental seperti kemarahan, kecemasan, rasa bersalah pada diri sendiri, penuh malu, hingga kebingungan secara berlebih.

Orang dengan fobia ini tahu bahwa alasan mereka tidak masuk akal. Meski begitu, mereka juga sulit untuk mengatasinya. Sebaliknya, mereka berusaha keras untuk menghindari hal yang membuat mereka takut.

Sekolah Anda sedang mencari aplikasi sekolah online & ujian online? Daftarkan sekolah Anda sekarang melalui link dibawah ini, dan nikmati akses akun sekolah premium selama 30 hari

KLIK https://qtva.id/page/register/new


8 views
LINKS

Lebih mudah untuk berbagi materi pelajaran, ujian daring, & mendapatkan rekapitulasi nilai otomatis. 

ADDRESS

info@qualitiva.id

0811 7887 766

Jl. Jenderal Sudirman 3007

KM 3.5 - Palembang

Sumatera Selatan

DOWNLOAD SEKARANG

Download Aplikasi Qualitiva di PlayStore. Pantau kinerja sekolah Anda dengan mudah dari gadget.

© 2020 by PT. Cakrawala Lintas Nusa

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram