Search
  • Admin Qualitiva

Rahasia Bisa Belajar Bahasa Asing lebih dari 4 Negara

Updated: Feb 18



Demi menguasai bahasa, membutuhkan memori khusus yang bernama memori prosedural. Fungsinya untuk menyempurnakan logat bicara. Selain itu, juga diperlukan bantuan memori deklaratif untuk mengingat kata-kata baru.


Seseorang yang mampu berbicara dalam berbagai bahasa bisa meningkatkan intensitas perhatian dan ingatannya. Hal ini berefek baik bagi otak, yaitu menunda kepikunan.


Apa itu Polyglot dan Hyperglot? Apa bedanya dengan Multilinguals?

Orang yang memahami lebih dari 1 bahasa disebut sebagai multilinguals, sedangkan orang yang menguasai lebih dari 4 bahasa dengan lancar disebut sebagai Polyglot. Sedangkan orang yang bisa berbicara lebih dari empat bahasa disebut sebagai hyperpolyglot. Artinya, bukan sekadar tahu saja tapi juga bisa berbicara, menulis, dan memahami bahasa asing.


Kunci utamanya adalah motivasi yang kuat. Sebagian besar hyperglot sangat termotivasi untuk mempelajari bahasa baru dengan cara:

  • Berpindah dari satu negara ke negara lain sambil mempelajari bahasa setempat.

  • Setiap belajar satu bahasa, hyperglot rajin membuat catatan-catatan kecil mengenai bahasa tersebut, terutama tentang percakapan dan istilah.

  • Saat bertemu dengan orang asing, Hyperglot selalu berani untuk berinteraksi, meskipun hanya percakapan sederhana.

  • Rata-rata Hyperglot cerdas secara emosional (EQ). Sehingga bila kamu memiliki EQ yang lumayan tinggi, lebih mudah untuk mencerna bahasa asing.


Bahasa Mempengaruhi Kepribadian

Konon, bahasa yang diucapkan lekat kaitannya dengan identitas. Ungkapan "Bahasa Prancis akan membuatmu romantis, dan Italia akan membuatmu bersemangat." memang terdengar klise. Tapi pada kenyataannya, setiap bahasa memang berhubungan dengan norma-norma budaya yang dapat mempengaruhi perilaku. Berbagai kajian menunjukkan bahwa orang yang bicara multi bahasa kerap memperlihatkan perilaku berbeda sesuai bahasa yang digunakan.


Kalau bisa bicara banyak bahasa, biasanya kamu masih suka tertukar-tukar. Bagaimana ya menyiasatinya? Ada semacam ruangan di dalam pikiran kamu untuk setiap bahasa, budaya, dan pengalaman terkait. Dengan demikian, bahasa-bahasa itu dapat tetap aktif dan tidak bercampur satu dengan yang lain. Kualitas waktu serta emosi yang terlibat adalah faktor penting.


Berani Memulai dan Atasi Rasa Malu

Hal yang sebenarnya sangat penting adalah kamu harus berani memulai. Cobalah meniru tanpa terlalu berusaha mengeja kata-kata. Semua orang pasti bisa mendengar dan mengulangi. Ini bagian penting dalam proses lho. Kemudian, cermati ekspresi wajah karena hal ini juga penting ketika memproduksi suara. Misalnya, untuk berbicara seperti orang Prancis, kamu bicara dengan bibir ke depan.


Jangan malu kalau kamu akan mengeluarkan suara-suara 'aneh' saat mengikuti logat tertentu. Kalau belajar bahasa Arab misalnya, ada cengkok-cengkok yang membuat nada bicaramu sedikit 'aneh', bukan? Dalam berproses, hendaknya kamu jangan pula terlalu ambisius. Mulailah berlatih selama 15 menit sebanyak empat kali dalam sehari. Cara yang menyenangkan? Coba dengarkan musik pop berbahasa asing deh. Bisa juga dengan menonton film, bikin puisi, komik, atau cerpen.


Selain itu, carilah partner yang memiliki motivasi sama denganmu dan bercakap-cakaplah. Dengan adanya partner, kamu bisa saling mendukung satu sama lain. Juga, lebih semangat dan fun pastinya!



Kesimpulan

Hal yang seringkali menghambat proses belajar bahasa adalah kurangnya percaya diri. Yakinlah pada dirimu sendiri. Untuk hal ini, contohlah anak-anak. Anak-anak mencoba ini dan itu, serta melakukan banyak kesalahan. Setelah berbuat salah, mereka belajar dan berproses.


Mahir bahasa asing tentu membawa banyak sekali keuntungan bagi kamu. Apalagi dengan MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) kini, tentu kemampuan berbahasa asing sangat diperlukan supaya peluang karir masa depanmu juga terbuka lebar. So, what are you waiting for? Yuk mulai dari sekarang, sebelum kamu tertinggal jauh. Cheers!

Sekolah Anda sedang mencari aplikasi sekolah online & ujian online? Daftarkan sekolah Anda sekarang melalui link dibawah ini, dan nikmati akses akun sekolah premium selama 30 hari

KLIK https://qtva.id/page/register/new


42 views0 comments