Search
  • Admin Qualitiva

Pengertian Interpersonal Skill beserta Contoh-Contoh penerapannya


Dikutip dari Interpersonal Skills Education, Ada 3 pengertian dari interpersonal skill menurut para ahli. Yaitu:

  1. Menurut Bierman dan Suchy, interpersonal skill adalah salah satu faktor penting bagi keberhasilan seseorang dalam meniti kehidupannya.

  2. Menurut Spitzberg dan Cupach, interpersonal skill adalah kemampuan seseorang untuk melakukan komunikasi yang efektif.

  3. Menurut Jerving, interpersonal skill adalah kemampuan untuk membangun dan menjaga hubungan yang efektif.

Dari berbagai pengertian interpersonal skill menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa interpersonal skill adalah kemampuan untuk berkomunikasi, berinteraksi, membangun dan menjaga hubungan dengan orang lain dalam berbagai keadaan dan situasi.


Lantas, apa manfaat keterampilan interpersonal bagi kita saat ini? The answer is a broad spectrum of possitivity. Misalnya, kemampuan interpersonal memungkinkan terjaganya hubungan yang baik dengan keluarga dan teman karena kita mampu berkomunikasi dan memahami perasaan maupun ide-ide mereka.


Kemampuan interpersonal dapat terwujud dalam taktik, tindakan, atau diplomasi yang kita gunakan saat berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan interpersonal pula yang membuat kita mampu bersikap toleran, memiliki empati, dan menghargai orang lain. Bahkan, cara kita menyampaikan dan menerima kritik pun dipengaruhi oleh keterampilan interpersonal yang kita miliki.


Contoh Penerapan Interpersonal Skill

Karena berkaitan dengan hubungan kita dengan orang lain, interpersonal skill dikenal juga sebagai social skill atau people skill. Beberapa contoh interpersonal skill di bawah ini bisa menjadi gambaran.


1. Menyimak

Walaupun kesannya remeh, menyimak atau mendengarkan secara aktif sebenarnya bukan keterampilan yang mudah untuk dilakukan. Anda pastinya pernah berada dalam situasi ketika seseorang sedang mencurahkan isi hatinya, kemudian ada orang lain yang menyela dengan ceritanya sendiri?

Ingin menjadi pusat perhatian hanyalah salah satu motivasi yang tak selalu disadari oleh sebagian orang sehingga mereka selalu menyela pembicaraan. Padahal, tahu kapan harus diam dan menyimak adalah contoh komunikasi interpersonal yang cukup sederhana untuk mulai kita terapkan.


2. Berkomunikasi secara efektif

Bagaimana caramu mengomunikasikan ide, pendapat, atau apa yang dirasakan? Kualitas berkomunikasi tak hanya ditentukan oleh pesan verbal yang disampaikan, tapi cara menyampaikannya juga mengimplikasikan pesan tersendiri. Intonasi suara, bahasa tubuh, dan ekspresi wajah kita mampu menyampaikan pesan yang sama pentingnya dengan kata-kata yang diucapkan.

Pesan yang kita tuliskan di email, chat message, bahkan komentar di media sosial juga adalah cerminan bagaimana kita berkomunikasi dengan orang lain. Pemilihan kata yang tepat, kalimat yang singkat dan mudah dipahami oleh pembaca yang dituju adalah contoh interpersonal skill yang wajib kita semua miliki saat ini.


3. Empati

Seseorang yang memiliki empati mampu memahami apa yang dirasakan dan dibutuhkan oleh orang lain. Tak heran bila orang-orang dengan kemampuan interpersonal ini selalu membawa suasana yang positif bagi lingkungannya, di manapun ia berada. Biasanya orang dengan empati tinggi mudah bergaul dan memiliki banyak teman.


4. Problem solving

Life won't be without problems. Itulah sebabnya, keterampilan interpersonal ini penting sekali. Seseorang dengan orientasi problem solving yang baik biasanya memiliki kemampuan untuk berpikir kritis dan bernalar logis. Pula, dibutuhkan karakter ulet dalam memecahkan setiap permasalahan, apapun itu.


5. Leadership

Nggak harus menunggu sampai jadi pemimpin beneran untuk menguasai kemampuan interepersonal yang satu ini. Why is that so?

Leadership adalah salah satu contoh interpersonal skill yang menintegrasikan beberapa skills sekaligus di dalamnya. Seseorang dengan kemampuan kepemimpinan atau leadership yang baik biasanya memiliki empati, dapat diandalkan, mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif, dapat menyimak dan mendengarkan secara aktif, memberikan feedback atau kritik yang membangun dengan cermat dan tepat, bahkan mungkin mahir membujuk atau bernegosiasi dengan orang lain agar tujuan yang diinginkan dapat dicapai.


Tak diragukan lagi, seseorang dengan leadership yang baik mampu bekerja sama dengan orang lain. Kerja tim yang biasa-biasa saja bisa menjadi kerja kolaborasi yang apik karena leadership yang baik.

Sekolah Anda sedang mencari aplikasi sekolah online & ujian online? Daftarkan sekolah Anda sekarang melalui link dibawah ini, dan nikmati akses akun sekolah premium selama 30 hari

KLIK https://qtva.id/page/register/new


2 views0 comments
LINKS

Lebih mudah untuk berbagi materi pelajaran, ujian daring, & mendapatkan rekapitulasi nilai otomatis. 

ADDRESS

info@qualitiva.id

0811 7887 766

Jl. Jenderal Sudirman 3007

KM 3.5 - Palembang

Sumatera Selatan

DOWNLOAD SEKARANG

Download Aplikasi Qualitiva di PlayStore. Pantau kinerja sekolah Anda dengan mudah dari gadget.

© 2020 by PT. Cakrawala Lintas Nusa

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram