Search
  • Admin Qualitiva

Mengenal Pedagogi dan Penerapannya untuk Mengajar

Menurut KBBI, Pedagogi berarti ilmu pendidikan; ilmu pengajaran sedangkan pedagogi menurut Wikipedia ialah ilmu atau seni dalam menjadi seorang guru. Istilah ini merujuk pada strategi pembelajaran atau gaya pembelajaran.

Pedagogi, masih menurut wikipedia, juga kadang-kadang merujuk pada penggunaan yang tepat dari strategi mengajar. Sehubungan dengan strategi mengajar itu, filosofi mengajar diterapkan dan dipengaruhi oleh latar belakang pengetahuan dan pengalamannya, situasi pribadi, lingkungan, serta tujuan pembelajaran yang dirumuskan oleh peserta didik dan guru. Salah satu contohnya adalah aliran pemikiran Sokrates.


Menurut http://www.dictionary.com/ ialah fungsi atau pekerjaan seorang guru yaitu mengajar, ilmu tentang mengajar, ilmu-ilmu mendidik, metode-metode pembelajaran. Karena itu cakupan pedagogi menurut makna-makna tersebut tentu luas.


Mengenal Macam-Macam Metode Pendekatan Mengajar


Pendekatan Mengajar Instructivism

Pendekatan Instructivism ialah cara mengajarkan pengetahuan kepada siswa melalui pemberian instruksi-instruksi (perintah-perintah). Guru mengajarkan materi pembelajaran dengan cara berbicara, memberi perintah, menanamkan pengetahuan dan di lain pihak siswa cenderung diam, menerima informasi dan memahami.


Karakteristik mengajar – belajar pada pendekatan instructivism ini adalah:

  • Guru mengorganisir dan menyampaikan materi pengetahuan yang harus dipelajari siswa.

  • Bahan dan ketrampilan sudah ditentukan sebelumnya.

  • Siswa dinilai dari kemampuan mereka mengingat atau berlatih ketrampilan.

  • Instruksi atau perintah yang diberikan ditujukan untuk “rata-rata” siswa di dalam kelas tersebut tanpa membedakan kemampuan siswa dan kemajuan semua siswa berada pada tingkat yang sama.

  • Dapat di garis bawahi di sini bahwa pendekatan Instructivism percaya bahwa pengetahuan itu berada di luar diri siswa dan guru memberikan pengetahuan itu kepada siswa


Pendekatan Mengajar Constructivism

Pendekatan Constructivism ialah pendekatan mengajar yang menekankan pada pembangunan pengetahuan melalui aktifitas / kegiatan yang dilakukan siswa untuk membangun pengetahuan mereka terhadap suatu hal.


Karakteristik belajar dan mengajar pada pendekatan ini adalah sebagai berikut:

  • Siswa menerapkan pendekatan bahwa ia sudah tahu dan mengintegrasikan pengetahuannya itu dengan pengalaman saat ini dalam meneliti sumber informasi.

  • Melalui trial and error, siswa menyeimbangkan pengalaman dan pendekatan yang ada dengan pengalaman baru untuk membangun sebuah tingkatan baru dari pemahamannya terhadap suatu hal.

  • Belajar dinilai melalui proyek berbasis kinerja.

  • Guru memandu/membimbing dan merangsang siswa berpikir kritis, analisis dan sintesis melalui seluruh rangkaian proses pembelajaran.

  • Setiap siswa dimungkinkan mendapat kemajuan berbeda sesuai dengan kemampuannya.


Pendekatan Mengajar Socio Constructivism

Pendekatan social constructivism merupakan varian dari pendekatan constructivism. Pada pendekatan constructivism siswa secara individu aktif membangun pengetahuan dan pemahamannya berdasarkan informasi-informasi yang diterimanya dengan melakukan aktifitas-aktifitas.


Pada pendekatan social constructivism siswa membangun pengetahuan dan pemahamannya berdasarkan informasi-informasi yang diterimanya dengan melakukan aktifitas-aktifitas bersama-sama teman secara berkelompok.


Sumber : Diadopsi dari pelatihan Master Trainer Pedagogi Program Indonesia – Singapore


Sekolah Anda sedang mencari aplikasi sekolah online & ujian online? Daftarkan sekolah Anda sekarang melalui link dibawah ini, dan nikmati akses akun sekolah premium selama 30 hari

KLIK https://qtva.id/page/register/new


7 views
LINKS

Lebih mudah untuk berbagi materi pelajaran, ujian daring, & mendapatkan rekapitulasi nilai otomatis. 

ADDRESS

info@qualitiva.id

0811 7887 766

Jl. Jenderal Sudirman 3007

KM 3.5 - Palembang

Sumatera Selatan

DOWNLOAD SEKARANG

Download Aplikasi Qualitiva di PlayStore. Pantau kinerja sekolah Anda dengan mudah dari gadget.

© 2020 by PT. Cakrawala Lintas Nusa

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram