Search
  • Admin Qualitiva

Inilah Resiko Bila Terlalu Sering Begadang, hindari sejak dini!

Dalam lagunya yang berjudul "Begadang", musisi dangdut legendaris asal Indonesia, Rhoma Irama, mengatakan bahwa begadang tidak diperbolehkan, apalagi kalau tanpa keperluan yang mengharuskan Anda terjaga sampai larut malam.

Memang benar, ternyata banyak bahaya begadang yang bisa Anda rasakan, jika dijadikan kebiasaan. Dengan sering begadang, otomatis jam tidur berkurang.


Berikut ini 7 bahaya begadang yang bisa bahayakan tubuh Anda.


Sulit berkonsentrasi

Tidur yang baik bisa bermanfaat bagi proses belajar dan berpikir. Kekurangan tidur karena sering begadang, tentu dapat merusak keduanya.Kewaspadaan, konsentrasi, nalar dan kemampuan memecahkan masalah “dirusak” oleh begadang. Selain itu, kurang tidur juga membuat Anda tidak bisa mengingat segala sesuatu yang Anda rasakan dan alami saat siang harinya.


Memicu timbulnya penyakit serius

Efek begadang yang tak boleh dilupakan ialah "mengundang" penyakit. Kurang tidur karena sering begadang bisa menyebabkan penyakit serius menyerang tubuh. Beberapa penyakit mematikan yang bisa datang meliputi:

  • Penyakit jantung

  • Serangan jantung

  • Gagal jantung

  • Detak jantung yang tak tidak teratur

  • Tekanan darah tinggi

  • Stroke

  • Diabetes

Agar terbebas dari penyakit mengerikan di atas, sebaiknya perbaiki pola tidur Anda dan kurangi begadang sebisa mungkin.


Berisiko timbulnya obesitas

Kekurangan tidur memiliki efek yang sama dengan makan terlalu banyak dan jarang olahraga, yaitu meningkatkan risiko kelebihan berat badan alias obesitas.Sebab, tidur bisa berdampak pada tingkatan dua hormon, leptin dan ghrelin. Keduanya bertanggung jawab mengatur rasa lapar dan kenyang pada tubuh.Jika Anda kurang tidur, maka kadar hormon leptin akan menurun, sehingga tubuh Anda bisa merasa lapar. Alhasil, makan berlebih pun tak terhindar.


Melemahkan sistem imun

Ketika Anda tertidur lelap, tubuh akan memproduksi sitokin, yang bisa membantu melawan bakteri dan virus.

Sitokin juga bisa membantu Anda mudah tertidur, sehingga sistem imun bisa memberikan energi agar tubuh tidak mudah terserang penyakit.Jika Anda kurang tidur, maka sistem kekebalan tubuh tidak bisa bekerja maksimal. Akibatnya, tubuh lebih mudah “dijajah” penyakit.


Penurunan produksi hormon

Efek begadang lainnya ialah turunnya produksi hormon. Hormon pertumbuhan hingga testosteron bisa terkena dampak buruk akibat kekurangan jam tidur.Bagi pria, lemahnya testosteron bisa menyebabkan munculnya lemak, berkurangnya kekuatan dan massa otot, tulang yang rapuh, sampai mudah letih.


Bikin pikun

Hati-hati, kekurangan tidur akibat begadang juga bisa menyebabkan Anda sering lupa alias pikun. Dalam sebuah studi, peneliti dari Amerika Serikat dan Perancis membuktikan bahwa kekurangan tidur akibat begadang dapat menyebabkan kepikunan atau sering lupa.


Mencegah begadang agar bisa tidur dengan nyenyak

Jika begadang yang Anda lakukan telah mencapai titik terburuknya, terdapat berbagai cara untuk bisa menimbulkan rasa kantuk di malam hari, agar Anda tidak merasakan bahaya begadang. Lakukan langkah-langkah berikut ini, agar Anda bisa tidur dengan nyenyak.

  • Kurangi jam tidur siang

  • Hindari minum kopi setelah lewat tengah hari

  • Tidur di jam yang sama setiap malam

  • Pasang alarm agar bisa bangun di jam yang sama setiap hari

  • Walau di akhir pekan, tetap pertahankan jam tidur dan bangun sama seperti hari biasa

  • Hindari makan 2 jam sebelum tidur

  • Hindari bermain gadget sebelum tidur

Jika masalah kurang tidur karena begadang masih Anda rasakan, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter. Biasanya, dokter akan mendiagnosis kondisi medis yang membuat Anda tidak bisa tidur cepat dan nyenyak di malam hari.


Remaja sebaiknya menghindari terlalu sering begadang ketika menghadapi ujian esok hari. Sebaiknya, tidur lebih cepat dan bangun pagi lebih awal akan memberikan efek kesehatan yang lebih baik. Sehingga bisa meningkatkan konsentrasi dan daya ingat.

Sekolah Anda sedang mencari aplikasi sekolah online & ujian online? Daftarkan sekolah Anda sekarang melalui link dibawah ini, dan nikmati akses akun sekolah premium selama 30 hari

KLIK https://qtva.id/page/register/new


9 views
LINKS

Lebih mudah untuk berbagi materi pelajaran, ujian daring, & mendapatkan rekapitulasi nilai otomatis. 

ADDRESS

info@qualitiva.id

0811 7887 766

Jl. Jenderal Sudirman 3007

KM 3.5 - Palembang

Sumatera Selatan

DOWNLOAD SEKARANG

Download Aplikasi Qualitiva di PlayStore. Pantau kinerja sekolah Anda dengan mudah dari gadget.

© 2020 by PT. Cakrawala Lintas Nusa

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram