Search
  • Admin Qualitiva

Ingin Meningkatkan Interpersonal Skill kamu? Begini caranya


Melanjutkan artikel sebelumnya, interpersonal skill adalah kemampuan untuk berkomunikasi, berinteraksi, membangun dan menjaga hubungan dengan orang lain dalam berbagai keadaan dan situasi.


Kemampuan interpersonal dapat terwujud dalam taktik, tindakan, atau diplomasi yang kita gunakan saat berinteraksi dengan orang lain. Kemampuan interpersonal pula yang membuat kita mampu bersikap toleran, memiliki empati, dan menghargai orang lain. Bahkan, cara kita menyampaikan dan menerima kritik pun dipengaruhi oleh keterampilan interpersonal yang kita miliki.


Contoh Penerapan Interpersonal Skill

1. Menyimak

2. Berkomunikasi secara efektif

3. Empati

4. Problem solving

5. Leadership


Dari macam-macam interpersonal skill di atas, manakah skill yang masih ingin diasah dan ditingkatkan lagi? Atau adakah keterampilan interpersonal yang belum dikuasai dan ingin dipelajari? Berikut ini beberapa teknik untuk meningkatkan interpersonal Anda.


1. Cari cara untuk meningkatkan rasa percaya diri

Dengan rasa percaya diri yang baik, kita merasa lebih mudah melakukan negosiasi, menyelesaikan permasalahan, menyampaikan feedback, memercayai orang lain, dan menerapkan macam-macam interpersonal skill yang lain.

Lantas, bagaimana cara meningkatkan rasa percaya diri itu? If you should build your confidence from scratch, just try to smile. Kemudian, tingkatkan senyuman itu menjadi sikap ramah. Biasakan untuk menyimak dan memahami apa yang disampaikan orang lain. Berbekal pemahaman yang utuh, kita dapat menyampaikan sesuatu dengan percaya diri.


2. Meminta feedback dari sahabat dan orang-orang dekat

Ingin tahu seberapa baik kemampuan interpersonal yang telah kita kembangkan selama ini? Coba gali apa yang orang lain rasakan dalam hubungan kalian. Atau, tanyakan saja langsung apakah, misalnya, kita sudah menjadi pendengar yang baik saat mereka bicara. Berbekal informasi yang mereka sampaikan, kita bisa mulai memperbaiki salah satu keterampilan skill tertentu.


3. Bertanya dan menyimak

Tanyakan, misalnya, apa yang akan dilakukan oleh sahabatmu di akhir pekan nanti. Perhatikan bagaimana ia menjawabnya – intonasinya, perasaannya, dan sebagainya. Pekan depan, tanyakan lagi bagaimana sahabatmu menghabiskan akhir pekannya. Again, perhatikan dan simak jawabannya. Tak butuh waktu lama kok, sampai keterampilan interpersonal ini akan menyatu dalam diri kita, Sobat!


4. Bayangkan seandainya berada di posisi orang lain

Saat berinteraksi dengan orang lain, jangan ­buru-buru bereaksi. Ambil jeda sesaat untuk membayangkan seperti apa rasanya berada di posisi orang tersebut, apa yang sebenarnya ingin diraihnya, apa yang membuatnya kecewa, apa yang dapat kita lakukan baginya, dan lain-lain.

Sebagai contoh interpersonal skill, bayangkan diri kita adalah seorang pelatih yang sukses melatih atlet dari satu angkatan ke angkatan berikutnya. Setiap atlet tentu berbeda dari atlet yang lain. Tapi sebagai pelatih, kita bisa menyesuaikan metode pelatihan kita untuk setiap atlet sehingga seluruhnya bisa menjadi juara.

Adakah cara lain untuk meningkatkan kemampuan interpersonal kita? Kita bisa mengikuti workshop atau pelatihan keterampilan interpersonal, misalnya.

Atau, adakah sosok dengan kemampuan interpersonal yang Sobat kagumi? Jika ada, mintalah pada beliau untuk menjadi mentor agar keterampilan interpersonal yang sudah ada pada dirimu saat ini dapat ditingkatkan lagi.

Apapun cara yang dipilih, penting bagi kita untuk terus memperbaiki dan mengembangkan kemampuan interpersonal. Pasalnya, bukan hanya berpengaruh pada kesuksesan kita saat bekerja nanti, keterampilan interpersonal pun mampu membuat hidup kita menjadi lebih bermakna dan berkualitas.

Sekolah Anda sedang mencari aplikasi sekolah online & ujian online? Daftarkan sekolah Anda sekarang melalui link dibawah ini, dan nikmati akses akun sekolah premium selama 30 hari

KLIK https://qtva.id/page/register/new


53 views0 comments