Search
  • Admin Qualitiva

Film Terbaik Tentang Pendidikan

Kalau mau jujur, film-film tentang pendidikan yang kerap dibicarakan publik nyaris tidak pernah sejalan beriringan dengan realitas. Yah, namanya juga film, yang meskipun diangkat dari kisah nyata, elemen dramatisasinya pasti lebih dominan.

Seringkali perbincangan film dengan tema-tema semacam itu cuma berakhir sebagai ajang glorifikasi perjuangan dan makna hidup di media sosial, khususnya di Indonesia. Namun, film-film dengan tema ini tetap penting untuk disimak. Toh, dengan fungsinya sebagai media hiburan, banyak juga film keren tentang pendidikan yang memang sebaiknya ditonton.


1. Negeri 5 Menara (2012)

Film tentang pendidikan Indonesia yang diproduksi sebagai adaptasi novel karya Ahmad Fuadi berjudul sama. Tema utamanya tentang kehidupan para santri yang bertekad akan meraih cita-citanya masing-masing termasuk ke luar negeri.

Meski cerita dalam filmnya tidak seasyik yang dituturkan dalam novel, Negeri 5 Menara cukup layak direkomendasikan sebagai tontonan hiburan yang sekilas memperkenalkan kehidupan khas para santri.


2. Hot Young Bloods (2014)

Kalau film tentang pendidikan ini berasal dari Korea Selatan, dibintang aktris cantik Park Bo-young. Ceritanya juga lumayan seru karena berlatar belakang sekolah di era 80-an dengan tokoh utama cewek yang menjadi ketua geng sekolah.

Diam-diam si cewek preman tadi naksir ke seorang playboy yang ternyata malah naksir ke seorang siswi pindahan. Meskipun unsur drama romantisnya lumayan tebal, tapi film ini cukup asyik menggambarkan dunia pendidikan khususnya sekolah menengah era 80-an di Korea Selatan.


3. Sokola Rimba (2013)

Cukup banyak film Indonesia tentang pendidikan yang diangkat dari kisah nyata. Namun, Sokola Rimba adalah satu dari sedikit film yang mengangkat tokoh nyata yang punya kontribusi luar biasa dalam dunia pendidikan, setidaknya di luar ranah formal.

Tokoh itu bernama Butet Manurung, diperankan Prisa Nasution, yang mendedikasikan hidupnya untuk mengajar anak-anak Suku Dalam atau yang biasa disebut Orang Rimba, Jambi.


4. Denias: Senandung di atas Awan (2006)

Film Indonesia tentang pendidikan ini juga wajib kamu tonton karena menghadirkan kisah yang seharusnya diketahui oleh seluruh orang Indonesia. Diangkat dari kisah nyata, ceritanya tentang seorang anak suku pedalaman Papua bernama Denias.

Berbagai kesulitan dan tantangan ia hadapi demi mewujudkan cita-citanya supaya memperoleh pendidikan yang layak. Dan yang pasti, kamu bakal dimanjakan oleh banyak scene indah dari pulau Papua.


5. Taare Zameen Par (2007)

Film India tentang pendidikan ini mengangkat cerita yang cukup unik sekaligus mengharukan. Pusat cerita adalah seorang anak berusia 8 tahun yang menderita disleksia. Akibatnya, ia sering gagal mengikuti ujian di sekolah. Sementara itu, kedua orang tuanya terobsesi supaya anak mereka juga berhasil mencapai kesuksesan akademis seperti kakak-kakaknya.

Untungnya, seorang guru menyadari gangguan yang dialami sang anak dan justru dari situlah mulai ketemu metode pengajaran yang semakin mengasah bakatnya. Anak tersebut ternyata memiliki kelebihan dalam bidang seni dan mampu mengungguli teman-temannya.


6. Hindi Medium (2017)

Ini adalah film India tentang pendidikan yang dihadirkan dalam bentuk drama komedi yang seru. Film ini mengisahkan perjuangan sepasang orang tua untuk menyekolahkan anak mereka di sebuah sekolah prestise.

Keinginan mendapatkan pendidikan yang layak itu juga demi pengakuan dari masyarakat. Justru motivasi itulah yang membuat film ini makin seru diikuti dari awal hingga akhir.


7. Di Timur Matahari (2012)

Satu lagi film tentang pendidikan Indonesia yang mengangkat kisah dari bagian timur Indonesia. Dengan segala keterbatasan infrastruktur dan sumber daya manusia, anak-anak di pegunungan Papua berjuang supaya tetap mendapatkan pendidikan yang layak.

Faktor geografis yang menyulitkan akses menyebabkan guru pengganti tidak dapat mengajar mereka. Selain itu, masih ada ancaman dari konflik dan peperangan antar suku. Film ini wajib kamu tonton untuk sedikit memahami bagaimana pendidikan di Indonesia ternyata belum merata sepenuhnya. .


8. Dead Poets Society (1989)

Film tentang pendidikan ini sangat keren. Saking kerennya, film ini bahkan menginspirasi banyak orang apalagi ada banyak kutipan bagus di dalamnya. Selain itu, sosok mendiang Robin Williams berhasil memerankan karakter guru yang unik dan seharusnya dibutuhkan di banyak sekolah.

Dalam film ini, kamu akan menyadari bahwa yang terpenting dalam pendidikan sekolah bukanlah nilai-nilai tinggi di bidang eksak. Setiap anak punya hak untuk mengekspresikan dirinya. Dan yang paling penting, jika ingin menjadi manusia berpendidikan, salah satu syaratnya adalah mencintai sastra dan kemanusiaan.


Itulah daftar film tentang pendidikan yang Admin rekomendasikan untuk ditonton. Semoga bisa Anda jadikan referensi untuk memahami dunia pendidikan dari berbagai dimensi.

Sekolah Anda sedang mencari aplikasi sekolah online & ujian online? Daftarkan sekolah Anda sekarang melalui link dibawah ini, dan nikmati akses akun sekolah premium selama 30 hari

KLIK https://qtva.id/page/register/new


4 views
LINKS

Lebih mudah untuk berbagi materi pelajaran, ujian daring, & mendapatkan rekapitulasi nilai otomatis. 

ADDRESS

info@qualitiva.id

0811 7887 766

Jl. Jenderal Sudirman 3007

KM 3.5 - Palembang

Sumatera Selatan

DOWNLOAD SEKARANG

Download Aplikasi Qualitiva di PlayStore. Pantau kinerja sekolah Anda dengan mudah dari gadget.

© 2020 by PT. Cakrawala Lintas Nusa

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram