Search
  • Admin Qualitiva

Emosi Mendengar Suara Tertentu? Bisa jadi Anda mengalami Misophonia

Apakah Kalian merasa risih atau bahkan tertekan ketika mendengar seseorang menguap? Jika iya, bisa jadi kalian menderita misophonia. Misophonia sendiri merupakan suatu gangguan berupa kebencian terhadap suara tertentu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa hal mengenai misophonia yang wajib Kalian ketahui!


1. Penderita akan membenci suara yang spesifik

Kebanyakan sumber suara yang dapat menimbulkan misophonia berasal dari tubuh manusia seperti suara menguap, mengunyah, mendengkur, suara hentakan kaki, batuk, bahkan suara seseorang bernafas. Namun tidak menutup kemungkinan sumber-sumber suara eksternal seperti goresan kapur dan papan tulis, dentingan antar sendok, suara ketikan keyboard nyatanya juga mampu membuat penderita merasa terganggu.


2. Belum diketahui secara pasti penyebabnya

Sampai saat ini dokter belum dapat memastikan apa penyebab dari misophonia. Meskipun begitu, misophonia bukanlah masalah pada telinga. Biasanya kondisi ini dimulai antara usia 9–13 tahun dan kebanyakan diderita oleh wanita.


Dokter berpikir jika misophonia adalah kelainan pada sebagian mental dan sebagian fisik. Hal itu karena terkait suara yang dapat mempengaruhi otak untuk memberikan respon otomatis pada sumber suara.

3. Terdiri dari beberapa level

Pada tingkat terendah, penderita hanya merasakan gelisah, tidak nyaman, jijik , dan terdesak untuk segera melarikan diri. Namun pada tingkat yang lebih parah, respon yang dilakukan oleh penderita dapat berupa, antara lain: kemarahan, kebencian, panik, stres, ketakutan, emosi, keinginan untuk membunuh, menghentikan apapun yang menimbulkan suara sampai berpikiran untuk bunuh diri.


4. Mempengaruhi Kehidupan Sosial Penderitanya

Penyakit ini dapat berdampak pada kehidupan sosial kamu. Aksi untuk menghindari apapun yang menimbulkan suara yang tidak kamu sukai, akan menjauhkanmu dari pasangan, keluarga atau teman sekamar. Atau lebih buruknya, bahkan kamu mungkin bisa menyerang seseorang yang membuat suara, baik secara fisik maupun verbal.


5. Pengobatan yang Terbatas

Karena misophonia baru diidentifikasi sebagai gangguan kesehatan mental, pilihan pengobatan yang tersedia sangat terbatas. Pada tingkat misophonia yang rendah, penderita hanya berusaha menghindari sumber suara sebagai aksi penanggulangan rasa tertekannya. Sejauh ini klinik misophonia hanya ada di Amerika dan sekitarnya.


Itu tadi beberapa fakta soal misophonia yang perlu kamu tahu. Apa kamu mengalaminya juga? Suara apa yang paling gak kamu sukai? Share di kolom komentar ya, supaya kamu bisa berdiskusi dengan pembaca lainnya tentang cara mengatasinya!

Sekolah Anda sedang mencari aplikasi sekolah online & ujian online? Daftarkan sekolah Anda sekarang melalui link dibawah ini, dan nikmati akses akun sekolah premium selama 30 hari

KLIK https://qtva.id/page/register/new


4 views
LINKS

Lebih mudah untuk berbagi materi pelajaran, ujian daring, & mendapatkan rekapitulasi nilai otomatis. 

ADDRESS

info@qualitiva.id

0811 7887 766

Jl. Jenderal Sudirman 3007

KM 3.5 - Palembang

Sumatera Selatan

DOWNLOAD SEKARANG

Download Aplikasi Qualitiva di PlayStore. Pantau kinerja sekolah Anda dengan mudah dari gadget.

© 2020 by PT. Cakrawala Lintas Nusa

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram