Search
  • Admin Qualitiva

Cara Meredakan Rasa Pedas yang lebih Efektif, Air Panas atau Air Dingin?



Pedas adalah sensasi yang kita rasakan ketika mengonsumsi makanan pedas. Bagi sebagian orang, sensasi pedas ini terasa nikmat, tapi bagi sebagian orang, sensasi pedas ini terasa menyiksa.


Saat kepedasan, minuman apa yang kamu konsumsi, minuman dingin atau hangat? Ketahui lebih baik meminum minuman dengan suhu hangat atau dingin untuk mengurangi sensasi pedas, yuk!


Air Dingin

Ketika mengonsumsi makanan pedas, kita ingin segera menghilangkan sensasi pedas itu dengan minum air. Karena sensasi pedas membuat lidah dan mulut terasa panas, kebanyakan orang akan memilih untuk minum minuman dingin.


Tujuannya adalah agar mengurangi rasa panas dan pedas di mulut. Minum air dingin ketika merasakan sensasi pedas di mulut akan menghilangkan panas dan pedas dengan cepat. Namun tak lama kemudian kita akan kembali lagi merasakan sensasi pedas di mulut.


Air Panas

Saat kita merasakan sensasi pedas di mulut, ternyata minuman yang diminum sebaiknya adalah minuman atau air hangat. Memang sensasi pedas semakin terasa, namun sensasi pedas dan panas itu akan segera reda.


Rasa pedas Cabai berasal dari senyawa bernama capsaicin yang menyebabkan lidah terasa panas saat memakannya. Saat kita minum air hangat ketika kepedasan, air hangat akan melarutkan senyawa capsaicin yang tadi ada di lidah dan mulut.


Inilah sebabnya, kalau teman-teman minum air hangat saat merasa kepedasan, sebaiknya air hangat digunakan untuk berkumur-kumur, kemudian buang air yang tadi digunakan untuk kumur-kumur.



Susu membantu mengurangi sensasi pedas di mulut

Selain minum air hangat, sebenarnya ada minuman dan bahan lainnya yang juga bisa membantu untuk mengurangi sensasi pedas dalam mulut, lo. Susu terkenal sebagai minuman yang bisa meredakan sensasi pedas dalam mulut. Hal ini disebabkan karena susu bisa membantu menetralkan senyawa capsaicin dari cabai, sehingga sensasi pedas di mulut bisa berkurang setelah minum susu.


Selain susu, bahan yang juga bisa meredakan sensai pedas di mulut adalah gula. Untuk membantu meredakan pedas di mulut, cukup konsumsi gula langsung dan letakkan di lidah yang merasa kepedasan.

Sekolah Anda sedang mencari aplikasi sekolah online & ujian online? Daftarkan sekolah Anda sekarang melalui link dibawah ini, dan nikmati akses akun sekolah premium selama 30 hari

KLIK https://qtva.id/page/register/new


8 views0 comments
LINKS

Lebih mudah untuk berbagi materi pelajaran, ujian daring, & mendapatkan rekapitulasi nilai otomatis. 

ADDRESS

info@qualitiva.id

0811 7887 766

Jl. Jenderal Sudirman 3007

KM 3.5 - Palembang

Sumatera Selatan

DOWNLOAD SEKARANG

Download Aplikasi Qualitiva di PlayStore. Pantau kinerja sekolah Anda dengan mudah dari gadget.

© 2020 by PT. Cakrawala Lintas Nusa

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram