Search
  • Admin Qualitiva

Asal Muasal Alat Pembayaran di Indonesia disebut "Duit" dan "Uang". Udah tau belum?


Sejarah mencatatat bahwa pemerintah menetapkan mata uang Indonesia pada 29 Oktober 1946, dengan nama Oeang Republik Indonesia atau ORI yang kemudian berubah menjadi Rupiah. Dalam keseharian, pastinya kita sering menyebut ‘uang’ atau ‘duit’? Ternyata, sebutan yang tak asing di telinga ini ada asal-usul sejarahnya, lho!


Uang dari Kata “Wang” atau “Daluwang”

Setidaknya, ada tiga sejarah penyebutan kata ‘uang’ di Indonesia. Sebagian masyarakat percaya sebutan ‘uang’ asalnya dari kata ‘wang’ yang berarti alat pembayaran yang terbuat dari emas. Dahulu, masyarakat membayar dengan emas untuk barang yang mahal sedangkan perak, tembaga, besi, dan kuningan untuk barang yang lebih murah.


Ada pula yang mengatakan bahwa ‘wang’ diambil dari nama Wang An Shi, ahli keuangan dari Tiongkok. Saat itu, uang emas Tiongkok pernah ada dan menjadi alat pembayaran sah di Nusantara.


Seperti yang sudah Kawan ketahui, alat pembayaran sah pertama pada awal kemerdekaan Indonesia adalah ORI. Bahan utama ORI terbuat dari daluwang, kertas tradisional yang terbuat dari serat-serat kulit pohon dengan tekstur kasar. Makanya, masyarakat Indonesia juga ada yang menganggap kata ‘uang’ berasal dari ‘daluwang’ dengan penyebutan lebih singkat.


Duit dari Kata “Doit”

Sementara itu, penyebutan 'duit' berasal dari kata ‘doit’ yang berarti uang koin kuno Eropa pada abad ke-14. Doit merupakan alat pembayaran sah berupa uang koin yang terbuat dari perak. Saat itu, doit menjadi satuan mata uang terkecil di Belanda, sama halnya seperti penny di Inggris.


Pada tahun 1726, para penjajah Belanda membawa masuk doit ke Nusantara, terutama Batavia. Semula, pemerintah Belanda harus mendatangkan doit langsung dari Belanda. Namun, mereka mengalami banyak hambatan saat pengiriman, padahal permintaan terus meningkat.


Sejak saat itu, pemerintah Belanda mengizinkan VOC mendirikan perusahaan pencetak doit di Batavia dan Surabaya. Umumnya, penggunaan doit atau uang recehan untuk upah para pegawai kecil. Makanya, para pegawai di Batavia semakin terbiasa dengan istilah tersebut.


Seiring berjalannya waktu, istilah doit berubah menjadi duit, menyesuaikan lidah kebanyakan masyarakat Indonesia. Bahkan, kata ini semakin meluas ke beberapa daerah di Indonesia karena adanya urbanisasi penduduk. Hingga kini, masyarakat sudah akrab dengan sebutan duit.


Rupiah berasal dari Bahasa Sansekerta

Nama Rupiah sendiri berasal dari kata India: rupiya (रुपीया) yang juga berakar dari bahasa Sansekerta yaitu: rupyakam (रूप्यकम्) yang berarti "perak".Nama "Rupiah" dijadikan nama mata uang Indonesia dikarenakan pengaruh budaya India yang kuat semasa kejayaan kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di Nusantara selama ratusan tahun yang telah terasimilasi kedalam budaya dan perbahasaan di Indonesia.


Sebutan Rupee (dibaca "rupi") juga digunakan untuk mata uang negara-negara seperti India, Pakistan, Nepal, Seychelles, Mauritius dan Sri Lanka. Sementara di Maladewa diketahui sebagai "Rufiyah", mirip dengan di Indonesia "Rupiyah", hanya dibedakan dengan "f". Banyak negara-negara yang menggunakan kata ini (rupya) untuk mata uang negara mereka karena merupakan hasil dari pengaruh penyebaran bahasa Sansekerta yang telah ada sejak Abad ke-6 SM ke berbagai negara-negara kawasan Samudera Hindia.



Nah, sekarang, kamus besar bahasa Indonesia telah menetapkan ‘uang’ sebagai kata formal dan ‘duit’ sebagai kata informal. Meski begitu, keduanya memiliki arti yang sama, yakni alat pembayaran yang sah di Indonesia. Kamu lebih sering menyebut yang mana?

Sekolah Anda sedang mencari aplikasi sekolah online & ujian online? Daftarkan sekolah Anda sekarang melalui link dibawah ini, dan nikmati akses akun sekolah premium selama 30 hari

KLIK https://qtva.id/page/register/new


13 views0 comments
LINKS

Lebih mudah untuk berbagi materi pelajaran, ujian daring, & mendapatkan rekapitulasi nilai otomatis. 

ADDRESS

info@qualitiva.id

0811 7887 766

Jl. Jenderal Sudirman 3007

KM 3.5 - Palembang

Sumatera Selatan

DOWNLOAD SEKARANG

Download Aplikasi Qualitiva di PlayStore. Pantau kinerja sekolah Anda dengan mudah dari gadget.

© 2020 by PT. Cakrawala Lintas Nusa

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram