Search
  • Admin Qualitiva

7 Tanda Kamu Adalah Seorang Ambivert, Sudah Tahu Belum?

Kebanyakan orang hanya mengetahui dua jenis kepribadian manusia, yaitu ekstrovert dan introvert. Jika ekstrovert adalah kepribadian yang terbuka, maka introvert adalah kebalikannya, lebih tertutup.

Namun tahukah kamu bahwa ada jenis yang ketiga, yaitu ambivert. Ambivert adalah kepribadian gabungan antara ekstrovert dan introvert. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Adam grant dari The Wharton School, University of Pennsylvania, 2/3 manusia merupakan ambivert, lho.


Lalu apa aja sih ciri seorang ambivert itu? Yuk kita simak informasinya.


1. Menyukai bersosialisasi sama banyaknya dengan menyendiri

Berbeda dengan intovert dan extrovert, ambivert memiliki ciri yang unik. Mereka menyukai bergaul dengan orang banyak seperti seorang ekstrovert. Namun di sisi lain mereka juga sangat membutuhkan waktu untuk sendiri seperti seorang introvert. Mereka sangat menikmati keduanya, dan merupakan pribadi yang seimbang.


2. Sama produktifnya saat bekerja sebagai tim maupun sendiri

Dalam dunia kerja, ambivert adalah seorang yang fleksibel. Mereka mampu bekerja dengan baik sebagai tim maupun sendirian. Saat bekerja sebagai tim, mereka mampu mengeluarkan sisi intovertnya dalam berkomunikasi dan berinteraksi.


Sedangkan saat bekerja sendirian, sisi intovertnya akan muncul sebagai seseorang yang mendalam dan perfeksionis dalam menyelesaikan pekerjaannya.


3. Komunikator yang sangat baik

Jika kekurangan ekstrovert adalah bukan pendengar yang baik, sedangkan introvert adalah seorang komunikator yang buruk. Seorang ambivert memiliki keunggulan dalam kedua hal tersebut. Dia adalah seorang komunikator sekaligus pendengar yang baik.


Mereka mampu dengan mudah ngobrol dengan orang yang baru saja dikenalnya. Di sisi lain dia juga mampu melakukan percakapan mendalam layaknya filosofi. Mereka tahu waktu yang tepat untuk berbicara dan kapan untuk mendengarkan.


4. Tempat curhat yang nyaman untuk teman-temannya

Karena ambivert adalah seorang yang seimbang, bijak dan seorang pendengar yang baik juga. Maka gak mengherankan jika dirinya menjadi tempat curhat yang nyaman untuk teman-temannya.


5. Mampu beradaptasi dengan segala lingkungan

Ciri lainnya yang menjadi kualitas seorang ambivert adalah mereka mampu beradaptasi dengan berbagai lingkungan. Mereka nyaman dengan keramaian dan kesunyian. Sifatnya yang easy going pun membuat mereka sangat mudah untuk disukai lingkungannya.


6. Unpredictable dan moody

Terlepas dari segala kelebihannya, ambivert juga merupakan seorang yang moody. Terkadang mereka juga ragu apakah lebih baik diam di rumah ataupun pergi keluar karena keduanya tampak menarik di mata mereka.


Hal lainnya adalah terkadang mereka terjebak dengan perasaannya sendiri. Mereka akan merasa sangat gak nyaman dalam keramaian saat moodnya jelek, sehingga mereka tiba-tiba tampak jadi pendiam dalam keramaian. Kadang juga merasa bosan saat diam di rumah meskipun ada hal menyenangkan seperti membaca buku yang bisa dilakukan.


7. Setengah hati dengan sosial media

Dengan kepribadiannya yang merupakan campuran introvert dan ekstrovert, gak jarang mereka ingin meninggalkan media sosial dan menghabiskan waktu sendiri seperti membaca. Namun separuh dari diri mereka pun ingin tetap aktif di sosial media untuk bisa melihat semua perkembangan kehidupan yang berlangsung.


Akibatnya, hal sederhana seperti ini pun terkadang membuat mereka galau.

Itulah beberapa tanda seorang ambivert. Apakah kamu termasuk?


Sekolah Anda sedang mencari aplikasi sekolah online & ujian online? Daftarkan sekolah Anda sekarang melalui link dibawah ini, dan nikmati akses akun sekolah premium selama 30 hari

KLIK https://qtva.id/page/register/new


11 views
LINKS

Lebih mudah untuk berbagi materi pelajaran, ujian daring, & mendapatkan rekapitulasi nilai otomatis. 

ADDRESS

info@qualitiva.id

0811 7887 766

Jl. Jenderal Sudirman 3007

KM 3.5 - Palembang

Sumatera Selatan

DOWNLOAD SEKARANG

Download Aplikasi Qualitiva di PlayStore. Pantau kinerja sekolah Anda dengan mudah dari gadget.

© 2020 by PT. Cakrawala Lintas Nusa

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram