Search
  • Admin Qualitiva

7 Aplikasi ini Ternyata Bikin Kuota Cepat Habis


Apakah Anda pernah merasa heran ketika kuota habis padahal tidak sering memainkan HP? Jangan-jangan ada beberapa aplikasi yang tetap menyedot data meski Anda tidak mengaksesnya secara langsung.


Meski sedang tidak dibuka, aplikasi ini bisa mengonsumsi data dalam jumlah yang besar. Lantas, adakah cara untuk menghentikannya? Simak selengkapnya di sini!


1. Instagram

Sebagai media sosial berbasis foto dan video, tentu Instagram lebih banyak memakan data daripada media sosial berbasis teks. Data kita bisa tersedot ketika video di Instagram diputar secara otomatis. Namun, Instagram memiliki pengaturan di mana kita bisa mencegah preloading video saat memakai koneksi seluler.

Caranya mudah, pertama, buka aplikasi Instagram lalu buka Profil > Pengaturan > Akun > Penggunaan Data Seluler. Lalu, hidupkan Penghemat Data dan Instagram akan memutar media beresolusi tinggi dengan WiFi saja, tidak dengan data seluler kita. Langkah kecil ini bisa menghemat paket data internet kita. 


2. Facebook

Siapa yang sekarang masih suka membuka Facebook? Meski jarang membuka Facebook, tetapi aplikasi ini bisa menyedot kuota internet lho! Apalagi, jika kita membuka media seperti foto dan video. Facebook bisa menyetel video secara otomatis (autoplay) dan membuat paket data kita terkuras.

Tenang, Anda bisa membatasi pemutaran video otomatis hanya untuk WiFi atau menonaktifkannya. Pertama, buka aplikasi Facebook, lalu ketuk ikon tiga garis di bagian kanan atas. Scroll ke bawah dan pilih Pengaturan > Pengaturan Akun > Video dan Foto > Autoplay. Setelahnya, pilih "On Wi-Fi Connections Only" atau "Never Autoplay Videos".


3. Twitter

Meski basic-nya adalah media sosial berbasis teks dan cuitan singkat, kita juga bisa mengunggah foto dan video ke Twitter. Apabila sehari-harinya kamu menghabiskan banyak waktu di Twitter, lebih baik matikan autoplay video yang ada di pengaturannya. Lantas, bagaimana caranya?

Buka aplikasi Twitter dan pilih Pengaturan dan Privasi > Pemakaian Data. Di sini, Anda bisa memilih mencentang penghemat data agar video tidak akan diputar otomatis dan gambar berkualitas lebih rendah akan dimuat. Anda juga bisa memilih apakah gambar berkualitas tinggi dan video akan diputar dengan WiFi atau paket data


4. Youtube

Kita semua tahu kalau memutar video dari YouTube akan memakan banyak kuota internet. Menurut laman Canstar Blue, memutar video beresolusi 480p selama satu jam akan menghabiskan 264 MB data. Jika resolusi yang dipilih adalah 720p (HD) maka akan menguras 870 MB data dalam sejam dan 1080p (Full HD) akan memakan 1,65 GB data!

Untuk mencegah agar tidak boros data, buka YouTube lalu ketuk profil di sudut kanan atas. Setelahnya, pilih Pengaturan > Umum > Batasi Penggunaan Kuota Seluler. Selanjutnya, geser slide menjadi On dan kita akan melakukan streaming video HD lewat WiFi saja. Dengan ini, YouTube tidak akan memakan banyak data seperti sebelumnya.


5. Spotify

Hobi mendengarkan musik di Spotify setiap saat, namun tidak ingin boros paket internet? Ada cara yang bisa dilakukan untuk menghemat data, yakni dengan membuat album tersedia secara offline. Hal ini bisa dilakukan jika Anda adalah pelanggan Spotify Premium, saran laman Cnet. Kamu salah satunya?

Di sini, kita bisa mengunduh album dan daftar putar untuk menghindari streaming melalui koneksi seluler. Caranya, saat melihat album atau daftar putar, ketuk Download untuk menambahkan trek ke gadget sehingga kamu tidak perlu lagi melakukan streaming. Boros atau tidaknya paket data juga bergantung pada kualitas streaming yang kita pilih


6. NetFlix

Biasanya, kita menonton Netflix lewat laptop atau PC dengan koneksi internet melalui WiFi. Namun, ada kalanya kita ingin melanjutkan menonton dengan smartphone, apalagi jika sedang ingin menonton series yang Anda ikuti. Saat menonton di smartphone, Anda bisa menurunkan kualitas video agar tidak boros kuota.

Caranya adalah dengan membuka aplikasi Netflix, lalu ketuk tombol tiga garis di bagian kiri atas. Scroll ke bawah dan pilih Pengaturan Aplikasi > Penggunaan Data Seluler. Matikan set otomatis dan pilih kualitas streaming sedang atau rendah ketika memakai mode seluler. Anda bisa menonton 4 jam dan hanya menghabiskan 1 GB saja!


7. SnapChat

Mungkin, sekarang pengguna Snapchat tidak sebanyak dulu. Tetapi, bila Anda masih menggunakan Snapchat dan tidak ingin boros paket data, ada cara yang bisa kamu lakukan. Anda bisa mencegah preloading video dengan mengaktifkan fitur Travel Mode. Fitur ini kerap disebut sebagai fitur semi-tersembunyi, ungkap laman Cnet.

Apabila mode ini diaktifkan, maka akan membutuhkan waktu lebih lama untuk memuat Snaps dan Stories. Caranya adalah dengan membuka aplikasi Snapchat, lalu ketuk layar profil. Selanjutnya, tekan ikon di sudut kanan atas, pilih Manage dan ketuk untuk mengaktifkan Travel Mode. Mudah, kan?


Itulah deretan aplikasi yang ternyata menghabiskan kuota internet Anda lebih cepat jika terlalu sering dibuka. Memang sebaiknya kita menggunakan sosial media secara bijak supaya tidak boros kuota.

Sekolah Anda sedang mencari aplikasi sekolah online & ujian online? Daftarkan sekolah Anda sekarang melalui link dibawah ini, dan nikmati akses akun sekolah premium selama 30 hari

KLIK https://qtva.id/page/register/new


19 views
LINKS

Lebih mudah untuk berbagi materi pelajaran, ujian daring, & mendapatkan rekapitulasi nilai otomatis. 

ADDRESS

info@qualitiva.id

0811 7887 766

Jl. Jenderal Sudirman 3007

KM 3.5 - Palembang

Sumatera Selatan

DOWNLOAD SEKARANG

Download Aplikasi Qualitiva di PlayStore. Pantau kinerja sekolah Anda dengan mudah dari gadget.

© 2020 by PT. Cakrawala Lintas Nusa

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram