Search
  • Admin Qualitiva

6 Hal Remeh yang Membuat Baterai Ponsel Cepat Rusak

Updated: Sep 3


Penyebab utama baterai ponsel cepat rusak adalah karena kebiasaan-kebiasaan pengguna ponsel yang hanya fokus merawat bagian fisik ponsel tanpa memperhatikan kondisi dalam ponsel terutama baterainya. Untuk Anda yang ingin baterai ponselnya awet, mulai sekarang harus menghindari kebiasaan-kebiasaan berikut ini.


Charge Semalaman

Apakah Anda termasuk orang yang men-charge ponsel ketika akan tidur dan baru mencabutnya saat bangun? Kebiasaan men-charge ponsel seperti ini sering kali dilakukan dengan alasan agar ponsel dapat digunakan keesokan harinya dalam kondisi yang full.

Padahal ternyata mengisi daya ponsel sepanjang malam dan baru mencabutnya saat pagi dapat merusak baterai ponsel. Daya baterai yang terus diisi padahal sudah penuh akan menyebabkan baterai bocor atau rusak. Oleh karena itu usahakan untuk langsung mencabut charger setelah baterai ponsel terisi penuh agar baterai dapat tetap awet.


Ponsel Tidak Pernah Dimatikan

Seperti manusia yang membutuhkan istirahat, ponsel juga perlu untuk ‘beristirahat’ dengan cara dimatikan secara berkala. Jika ponsel terlalu sering digunakan secara non stop  maka baterai ponsel akan terasa panas dan hal ini sangat tidak baik untuk baterai itu sendiri dan komponen-komponen lain  yang ada di dalam ponsel.

Sebaiknya matikan ponsel saat Anda sedang tidak memakainya seperti pada saat tidur sehingga kinerja baterai ponsel dapat tetap stabil.


Memakai Ponsel terlalu lama saat Di-Charge

Saat di-charge memang sebaiknya ponsel ada dalam keadaan mati atau tidak digunakan sama sekali. Namun pada kenyataannya sering kali orang-orang masih menggunakan ponsel pada saat ponsel sedang diisi dayanya seperti untuk chatting, telepon, bahkan bermain game.

Padahal kebiasaan ini sangat tidak baik untuk kualitas baterai handphone tersebut karena ketika kita menggunakan ponsel saat sedang diisi dayanya, suhu handphone akan meningkat dan akan merusak sel yang terdapat pada baterai ponsel.


Menggunakan Charger yang Tidak Sesuai Spesifikasi

Kebanyakan orang tidak mempedulikan apakah charger yang digunakan sesuai dengan spesifikasi ponsel mereka atau tidak.

Padahal meskipun tetap dapat digunakan untuk mengisi daya handphone kamu, charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi dapat merusak baterai ponsel. Usahakan untuk menggunakan charger yang sejenis, misalnya jika Anda menggunakan smartphone Blackberry maka seharusnya menggunakan charger Blackberry juga.


Untungnya saat ini sudah ada charger yang dapat digunakan oleh semua jenis ponsel terutama yang kabelnya memiliki ujung berupa micro usb. Sehingga Anda tidak perlu bingung jika charger original handphone rusak atau hilang.  Tapi perlu diingat, pilihlah kabel charger yang sesuai dengan spesifikasi ponsel Anda.


Charger Dilepas Sebelum Baterai Penuh

Pada saat kita ingin bepergian kita buru-buru membawa ponsel padahal ponsel tersebut sedang diisi dayanya. Kebiasaan melepas charger padahal ponsel belom terisi penuh juga dapat menyebabkan kerusakan pada baterai.

Hal ini karena pada umumnya baterai yang digunakan pada ponsel berjenis Li-Ion yang memiliki umur berdasarkan berapa banyak baterai tersebut diisi ulang. Nah semakin sering kamu melakukan pengisian maka akan semakin berkurang juga umur baterai tersebut.


Memakai Ponsel Pada Suhu yang Panas

Suhu yang terlalu panas juga dapat merusak baterai ponsel Anda. Udara yang panas akan meningkatkan suhu pada mesin dan baterai ponsel sehingga ponsel menjadi rusak. Oleh sebab itu kurangilah menggunakan ponsel di luar ruangan terutama jika terkena matahari secara langsung.


Selain faktor hardware, terlalu banyak menggunakan aplikasi yang berjalan di background juga bisa mengurangi umur baterai. Pastikan aplikasi sekolah online yang Anda gunakan berasal dari sumber terpercaya, seperti Google Play dan App Store.

Sekolah Anda sedang mencari aplikasi sekolah online & ujian online? Daftarkan sekolah Anda sekarang melalui link dibawah ini, dan nikmati akses akun sekolah premium selama 30 hari

KLIK https://qtva.id/page/register/new


7 views
LINKS

Lebih mudah untuk berbagi materi pelajaran, ujian daring, & mendapatkan rekapitulasi nilai otomatis. 

ADDRESS

info@qualitiva.id

0811 7887 766

Jl. Jenderal Sudirman 3007

KM 3.5 - Palembang

Sumatera Selatan

DOWNLOAD SEKARANG

Download Aplikasi Qualitiva di PlayStore. Pantau kinerja sekolah Anda dengan mudah dari gadget.

© 2020 by PT. Cakrawala Lintas Nusa

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram