Search
  • Admin Qualitiva

5 Tips Hack Bikin Presentasi Power Point yang Bagus dan Efektif

Beberapa orang nyatanya belum memahami aturan dan hal yang perlu diperhatikan untuk membuat sebuah power point yang baik dan efektif. Padahal, ini sangat penting untuk menarik perhatian audience sehingga pesan yang ingin dipresentasikan dapat tersampaikan dengan baik.


Nah, jika Anda termasuk orang yang belum mengetahui aturan dasar dalam membuat ppt yang menarik, yuk simak tipsnya berikut ini.


1. Gunakan background yang sederhana, kontras, dan konsisten

Terdapat tiga hal penting yang harus Andaperhatikan dalam menerapkan background untuk ppt, yakni sederhana, kontras, dan konsisten. Jika Anda tidak menerapkan hal tersebut, bukannya membuat ppt dengan desain yang menarik, Anda justru membuatnya terlihat alay dan norak. Akan tetapi, coba perhatikan contoh slide ppt pada gambar di atas, terlihat sederhana namun menarik, bukan?

2. Jangan terlalu banyak menggunakan jenis font

Menggunakan font yang beraneka ragam dalam satu slide power point merupakan hal yang sering sekali dilakukan oleh banyak orang. Sayangnya, hal tersebut bersifat sangat fatal karena dapat membuat ppt terlihat norak dan tidak menarik.

Jika Anda ingin menggunakan variasi jenis font, Anda bisa coba menggunakan jenis arial, arial black, dan tahoma. Hindari penggunaan jenis font yang beragam dalam satu slide ppt ya!

3. Usahakan hanya menggunakan 6 bullet dalam satu slide

Bullet biasanya digunakan untuk menegaskan dan mempersingkat hal-hal penting yang ingin disampaikan. Akan tetapi, perlu Anda ketahui jika penggunaan bullet yang baik tidak boleh lebih dari enam dalam satu slide. Jadi, hindari penggunaan bullet yang terlalu banyak ya.

4. Perhatikan warna yang kontras antara background dengan tulisan

Penggunaan warna juga sangat berpengaruh dalam menciptakan efek menarik pada ppt yang Anda buat. Adapun hal yang harus Anda lakukan adalah menggunakan warna yang kontras antara font dan background sehingga tidak menimbulkan kesan yang berantakan.

Selain itu, gunakanlah warna terang hanya untuk memberikan kesan penekanan. Anda juga perlu menghindari kombinasi dari tiga jenis warna atau lebih dalam satu slide agar tidak terjadi tabrakan warna dan terlihat semrawut

5. Terapkan prinsip visualisasi dengan menggunakan maksimal 25 kata pada setiap slide

Dalam membuat presentasi bentuk ppt, visualisasi bukan hanya sekadar perpaduan antara kata-kata dan gambar atau hal grafis lainnya saja. Melainkan sebuah hal yang bahkan lebih penting daripada tulisan. Ini karena visualisasi dapat membuat pesan yang Anda ingin sampaikan terlihat lebih sederhana dan menarik.

Hanya saja, penggunaan visualisasi yang berlebihan justru dapat menjadi hal yang mengganggu. Oleh karena itu, gunakan prinsip visualisasi hanya jika diperlukan saja.

Setelah menerapkan beberapa tips di atas, dijamin deh ppt yang Anda buat pasti terlihat lebih menarik. Selamat mencoba!

Sekolah Anda sedang mencari aplikasi sekolah online & ujian online? Daftarkan sekolah Anda sekarang melalui link dibawah ini, dan nikmati akses akun sekolah premium selama 30 hari

KLIK https://qtva.id/page/register/new



4 views
LINKS

Lebih mudah untuk berbagi materi pelajaran, ujian daring, & mendapatkan rekapitulasi nilai otomatis. 

ADDRESS

info@qualitiva.id

0811 7887 766

Jl. Jenderal Sudirman 3007

KM 3.5 - Palembang

Sumatera Selatan

DOWNLOAD SEKARANG

Download Aplikasi Qualitiva di PlayStore. Pantau kinerja sekolah Anda dengan mudah dari gadget.

© 2020 by PT. Cakrawala Lintas Nusa

  • Facebook
  • YouTube
  • Instagram