Search
  • Admin Qualitiva

5 Karakter Guru dari serial kartun yg terkenal. Siapa panutanmu?



Guru merupakan profesi yang banyak dituntut, karena selain mengajari siswa dan membagikan tes, mereka juga diharapkan bisa menjadi penasihat tepercaya yang dapat membina anak-anak. Sejak pandemi Covid-19 melanda dunia, guru pun harus beradaptasi dengan sistem belajar online. Terlepas dari pandemi yang sedang melanda, mimin mau mengajak netizen untuk melihat kembali 5 karakter Guru dari serial kartun yang terkenal. Manakah panutanmu?


Eiichiro Senjou, Sensei dari serial Doraemon

Beliau terus menerus menegur muridnya agar nilai belajar naik. Saat pengumuman hasil ulangan, Eiichiro sensei akan memaparkan nilai murid dengan lantang, terutama yang mendapat nilai jelek di depan kelas. Akibatnya murid takut & malu saat nilai jeleknya diumumkan. Hukuman akan beliau berikan pada murid yang tidak taat aturan.



Mrs Puff dari Serial SpongeBob Squarepants

Mrs.Puff menggunakan motivasi eksternal berupa papan bintang yang dipajang di bagian depan kelas supaya murid disiplin. Akibatnya murid menjadi fokus pada jumlah bintang yang diperoleh. Mrs.Puff sempat meluluskan SpongeBob meskipun sebenarnya ia jauh dari standar kompetensi dan akhirnya malah berakibat fatal.



Cikgu Jasmin dari serial Upin & Ipin

Cikgu Jasmin melibatkan murid dalam menentukan tujuan & cara belajar, juga sering melakukan konfirmasi kepada murid. Akibatnya murid senang ketika mempresentasikan tugas belajar di kelas. Hasil tugas murid menjadi beragam. Cikgu Jasmin juga berusaha memfasilitasi murid yang masih tertinggal dalam proses belajar.



Cikgu Melati dari serial Upin & Ipin

Cikgu Melati merupakan guru yang membawa suasana ceria saat mengajar, membangun rasa penasaran murid dengan pertanyaan. Akibatnya murid juga ikut senang mengikuti proses pembelajaran dan banyak bertanya. Guru Melati juga mengingatkan muridnya agar tidak mengharap ganjaran (reward) saat melakukan sesuatu.



Onizuka Sensei dari Serial Great Teacher Onizuka

Onizuka sensei bertobat dari tindakannya di masa lalu, meskipun masih nyeleneh dan penampilannya sangat jauh berbeda dari guru lain, beliau terus berefleksi dan mencari beragam cara untuk membantu muridnya meskipun dari kelas yang terkenal tidak disukai guru. Akibatnya murid memiliki kedekatan terhadap beliau.



Tentunya selain 5 daftar diatas, ada banyak contoh karakter guru dari serial kartun lain yang tak kalah unik cara mengajarnya, sebut saja seperti Koro sensei dari Assasination classroom, Jiraiya dari serial Naruto atau Gojo satoru dari Jujutsu kaisen. Seunik apapun karakter guru, kami yakin niatnya baik & untuk kemajuan anak-anak didiknya. Siapa guru favorit Anda?

Sekolah Anda sedang mencari aplikasi sekolah online & ujian online? Daftarkan sekolah Anda sekarang melalui link dibawah ini, dan nikmati akses akun sekolah premium selama 30 hari

KLIK https://qtva.id/page/register/new


62 views0 comments